Seperti yang sudah teman-teman ketahui, perkembangan teknologi semakin pesat, terutama teknologi media digital. Sebut saja berbagai situs social network seperti facebook dan twitter. Teknologi-teknologi berbasis internet lainnya juga mulai populer di Indonesia. Buktinya adalah Indonesia adalah negara tertinggi ketiga dalam penggunaan facebook dan urutan kelima negara tertinggi pengguna twitter.
Kepopuleran tersebut bisa dimanfaatkan untuk mengingatkan, memperkenalkan, atau mempelajari mengenai Indonesia dengan cara menarik. Contohnya adalah menggunakan aplikasi facebook untuk memperkenalkan budaya Indonesia. Kebetulan, semester kemarin, saya dan teman-teman mendapatkan Final Project membuat aplikasi facebook. Beberapa teman saya (Fadli, Vina, dan Nada) membuat aplikasi mengenai budaya Indonesia dengan judul aplikasi "Aku Indonesia". Di dalam aplikasi ini kita bisa mengetes seberapa jauh pengetahuan kita tentang Indonesia. Di akhir aplikasi kita dapat mengetahui pengetahuan kita tentang Indonesia. Ide menarik bukan untuk merangsang orang-orang membuka mesin pencari dan mencari jawabannya. Dari pencarian tersebut otomatis pengguna menemukan hal baru tentang Indonesia. Jika anda mau bermain silakan kunjungi http://apps.facebook.com/pweb_akuindonesia/
2. PALAWA (gameedukasi)
Permainan ini merupakan permainan perang berdasarkan peristiwa "Palagan Ambarawa".
3. Smart Wayang (Permainan yang dibuat senior saya untuk lomba pengembangaan permainan ITS EXPO 2012 dan meraih juara 1)
4. Nusantara Chronicle (Elventales)
Kepopuleran tersebut bisa dimanfaatkan untuk mengingatkan, memperkenalkan, atau mempelajari mengenai Indonesia dengan cara menarik. Contohnya adalah menggunakan aplikasi facebook untuk memperkenalkan budaya Indonesia. Kebetulan, semester kemarin, saya dan teman-teman mendapatkan Final Project membuat aplikasi facebook. Beberapa teman saya (Fadli, Vina, dan Nada) membuat aplikasi mengenai budaya Indonesia dengan judul aplikasi "Aku Indonesia". Di dalam aplikasi ini kita bisa mengetes seberapa jauh pengetahuan kita tentang Indonesia. Di akhir aplikasi kita dapat mengetahui pengetahuan kita tentang Indonesia. Ide menarik bukan untuk merangsang orang-orang membuka mesin pencari dan mencari jawabannya. Dari pencarian tersebut otomatis pengguna menemukan hal baru tentang Indonesia. Jika anda mau bermain silakan kunjungi http://apps.facebook.com/pweb_akuindonesia/
*beranda aplikasi facebook Aku Indonesia"*
Aplikasi facebook mempunyai kemampuan untuk menyebarkan ke teman-teman pengguna, sehingga teman-teman penggunga juga ikut memainkan aplikasi ini dan pengetahuan tentang Indonesia pun semakin menyebar. Ibarat informasi dari mulut ke mulut yang lebih efektif daripada ajakan biasa.
Selain social network, minat masyarakat Indonesia adalah permainan komputer atau handphone. Sungguh sayang jika kita hanya sebagai konsumen saja, padahal Indonesia memiliki potensi dalam pembuatan permainan. Beberapa game developer sudah membuat permainan-permainan khas Indonesia, baik berbasis desktop ataupun mobile. Beberapa yang saya tahu adalah gameedukasi.com, elventales, dan hasil permainan beberapa teman dan senior.
Contoh-contoh permainan khas Indonesia
1. Mbatik Yuk (gameedukasi)
Di dalam permainan ini, kita bisa belajar membuat batik, dari persiapan pertama hingga batik selesai dibuat.
Di dalam permainan ini, kita bisa belajar membuat batik, dari persiapan pertama hingga batik selesai dibuat.
Permainan ini merupakan permainan perang berdasarkan peristiwa "Palagan Ambarawa".
3. p10ner (gameedukasi)
Permainan ini merupakan permainan perang berdasarkan peristiwa "Pertempuran 10 Nopember".
Permainan ini merupakan permainan perang berdasarkan peristiwa "Pertempuran 10 Nopember".
Permainan mobile untuk Nokia S40. Tokoh utama adalah wayang yang merupakan kebudayaan indonesia mendapat misi untuk memecahkan masalah-masalah matematika yang diberikan.
Permainan mobile untuk Nokia S40. Permainan memiliki karakter dalam kisah Baratayudha. Jenis permainan ini adalah puzzle.
Selain yang saya sebutkan sebenarnya masih banyak cara-cara memperkenalkan Indonesia ke masyarakat kita sendiri dan Internasional dengan cara yang lebih menarik dibandingkan hanya membaca buku teks di perpustakaan. Misalnya saja melalui youtube, website, aplikasi khas Indonesia, dan lain.lain
Mantap Tulisannya...!
BalasHapusSalam Kenal Dari One SM
http://iwansmtri.blogspot.com/2012/06/pemanfaatan-teknologi-digital-untuk.html
salam hangat dan sukses selalu.. :)
BalasHapusSelamat mengikuti lomba.
BalasHapussalam kenal.
ditunggu ya kunjungan baliknya , ,
Makasih ^.^
@all: terima kasij semua :D
BalasHapus