Langsung ke konten utama

Mengapa Ban Sepeda Bocor Gak Boleh Dinaiki?

kira-kira sebulan yang lalu,magrib-magrib, saya sedang naek motor, abis pulang dari latian basket. Gak langsung pulang, mampir dulu ke rumahnya M*** bwt ngambil komik ma beli tahu campur pesenan ibu.

Lagi enak-enaknya nyetir, saya ngrasa g enak. Ini kuq stangnya belok2 ya? trus begitu dari depan pos polisi mpe pasar. Sempet mikir jangan2 gembos ini ban. Akhirnya saya berentiin, dan ternyata emang kempes.Wuii..pengalaman pertama.

saya lanjutkan perjalanan dan trus melaju sambil cari tukang tambal ban. Sambil setengah melamun (jangan ditiru!) saya keinget ada temen saya yang bannya bocor, trus temen saya yang laen bilang "didorong aja, jangan dinaiki!"

Mendengar hal itu saya bertanya-tanya, knapa ya g boleh dinaikin? Sebenernya pertanyaan itu udah sering terlintas tapi gak kejawab-jawab. Dan pertanyaan itu muncul kembali pada saat itu.

Beberapa meter kemudian, bertemulah saya dengan seorang tukang tambal ban.

"Pak, mompa ban belakang."
"Wah mb, ini bocor bannya,"jawab pak tukang tambal ban (TTB)
"ya udah pak. Tambal aja kalo gitu."

Kemudian pak TTB membukan ban dalam. Saya lagi asyik mbaca komik dari M***. Tiba-tiba Pak TTB berkata

"Mbak..tadi motornya dinaikin trus ya?"
"Iya pak. Napa Emangnya?"
"Ini mbak bannya HANCUR," kata pak TTB,"harus diganti"

Saya yang ngliad ban hancur itu langsung shock. Waw..terjawablah sudah pertanyaan saya. Percakapan dilanjutkan kembali.

"mau ban yang lama atau yang baru?"
"yang baru brapa pak?"
"yang baru 25.000, yang lama 10.000 (atau 5000, lupa..hehe)"

Saya ngliad isi dompet. O..o..tinggal 5.000 rupia-ah ternyata.

"Pak, uang saya cuman 5.000. Tapi pengennya yang baru" kata saya.
"ninggal gapapa kuq mbak."
"wah, beneran pak? bener-bener gapapa nih?"
"gapapa kuq mb"

Trakhirnya, saya bisa pulang pake ban baru dan langsung laporan ke ibu biar bisa mbayar utang ma pak TTb. Saya bersyukur banget. Trima kasih banyak pak TTB. Moga tambah lancar aja usaha tambal bannya. Amin.

Pelajaran Hidup:
Jangan menaiki sepeda motor yang bannya bocor, mending dituntun aja daripada ban hancur.

Komentar

  1. hhai~
    aq bLm perna mengalami hal kyk gt .
    *scara ayahq yg mesti ngecek motorq .
    hhag~
    lumayan bwt info ni .

    BalasHapus
  2. Iya bener tuh pak TTB. Saya pernah punya pengalaman yang sama...
    Btw, baik juga tuh bapak TTB. Amin deh doannya.

    BalasHapus
  3. bearti bannya minta LEM BIRU.
    :D

    BalasHapus
  4. saya juga punya pengalaman serupa
    pengalaman memang guru yang terbaik :)

    BalasHapus
  5. wahh saya sih uda entah berapa kali pengalaman ban bocor... tapi yang paling nyebelin, kalo pas bocor, terus TTBnya jauhhnya minta ampyunnnn... OOOOhhh tiddakkkkk!!!

    *malah curhat, hehehee*

    BalasHapus
  6. Yukkk ikutan ini
    http://ibsn.web.id/ibsn-survey.html

    BalasHapus
  7. @Ica: iya..baik..smuga kebaikannya dibalas.

    @gambutku: emang apaan lem biru?..

    @tuwowo: yup..like this..:D

    @ nA: haha..itu skalian olahraga aja..lumayan menghasilkan keringet..

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

[ Kenapa? Series 01] Kenapa rambut ahjumma di korea mayoritas keriting?

Ahjumma (hangeul: 아줌마) adalah panggilan tante atau bibi dalam bahasa korea. Arti sebenarnya adalah wanita yang menikah. Jadi walaupun masih umur 20, kalau udah nikah, bisa dipanggil ahjumma. Kalau sudah dipanggil ahjumma tuh rasanya sudah berasa tua. Kalian-kalian yang sering nonton drama korea mungkin tahu panggilan ini. Sejak saya datang di Korea dan melihat sekeliling, banyak sekali orang tua di sini. Apalagi kata temen korea saya, Busan sudah disebut kota tua. Gara-gara anak mudanya pada ke Seoul semua. Bagaimana penampakan orang tua, khusunya ahjumma di sini? penampakannya kayak gambar di bawah. Gambar ini merupakan gambaran ahjumma pada tahun 1988. Tahun 2016 pun style rambutnya ternyata tidak berubah, yaitu pendek dan dikeriting. Kenapa? *Gambaran Ahjumma di Korea* source: google  Setelah saya bertanya kepada beberapa narasumber, ada beberapa jawaban yang didapat. Yang pertama menunjukkan kalau dia itu sudah tua dan patut dihormati. Dan seperti emak-emak di Indonesia,

Situs-situs Streaming dan Download Drama Korea

*Update 24 September 2016 Sebenarnya ini postingan gak penting. Pengen aja nulis sekalian refreshing di antara deadline-deadline FP memasuki akhir semester 4 ini. Doakan bisa diberikan yang terbaik untuk hasilnya. Seperti yang sudah saya ceritakan di sini . Saya termasuk penggemar drama korea. Bahkan saya sekarang sangat update drama korea terbaru, yang bahkan masih tayang di negara asalnya sana. Niatnya kalo satu judul di sana kan ditayanginnya dua kali seminggu. Jadi saya bisa menahan hasrat menonton saya yang biasanya langsung habis satu serial gara-gara tiap ending episodenya bikin penasaran. =.= Dimanakah saya dapat drama-drama tersebut. Ini beberapa yang saya ketahui 1. Dramacrazy ( link ) Situs ini merupakan situs streaming. Yang saya sekarang menurut saya situs terupdate drama korea dan jepang. Untuk subtitlenya juga cepat. Subtitlenya menggunakan harsub (ya iya lah). Kalau yang mau streaming, saya sarankan memakai situs ini. dalam 1 episode, sumbernya biasanya lebih

Mengapa Baidu dan Naver Lebih Populer Dibanding Google di Negara Mereka?

Semua orang tahu, mesin pencari nomer 1 di dunia adalah Google. Pertama kali didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin. Mereka memiliki proyek riset untuk program Ph.D mereka di Universitas Stanford. Ide pertama dua founders ini adalah bagaimana menentukan peringkat suatu situs di antara berjuta-juta halaman web yang ada di dunia maya. Teknologi tesebut sekarang terkenal dengan nama PageRank. Berawal dari satu ide tersebut, Google berkembang, berkembang, dan berkembang terus hingga mencapai ranah otomotif dengan Google Self Driving Car . Namun, sayap mereka ternyata tidak berkembang lebar di China dan Korea Selatan. Apa yang menyebabkan Google gagal menguasai China dan Korea Selatan? Alasannya karena dua negara tersebut memiliki mesin pencari yang lebih mereka andalkan daripada Google, yaitu Baidu di China dan Naver di Korea Selatan. Saya tidak akan membahas perbedaannya secara teknis, tetapi lebih ke pendapat dan pengalaman pribadi setelah saya menggunakan kedua mesin pencari terseb