Langsung ke konten utama

SCHEMATICS 2011- National Programming Competition (NPC))


National Programming Contest 2011 (NPC 2011) merupakan salah satu rangkaian acara SCHEMATICS 2011 yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Computer-Informatika Institut Teknologi Sepuluh Nopember (HMTC-ITS). Kegiatan ini berlangsung setiap tahun dapat berjalan lancar dan sukses.
Tujuan dari kegiatan National Programming Contest ini adalah :
  • Sebagai langkah awal pengenalan penggunaan komputer dengan teknologinya ke dalam budaya Indonesia.
  • Sebagai batu pijakan awal bagi para calon peserta Olimpiade Komputer Indonesia atau mereka yang memiliki minat di bidang pemrograman untuk menguji kepiawaiannya.
  • Sebagai media adaptasi peserta pemrograman untuk menghadapi berbagai kompetisi yang lebih besar seperti seleksi Tim Olimpiade Komputer Indonesia (TOKI).
Syarat dan Ketentuan Kontes
1. Setiap tim terdiri dari 1-2 orang siswa maksimal pendidikan setingkat SMA (dapat dibuktikan dengan menunjukkan kartu pelajar yang masih berlaku pada babak final).
2. Setiap anggota tim berasal dari sekolah yang sama.
3. Setiap anggota tim terdaftar sebagai siswa aktif di sekolahnya masing-masing hingga saat pelaksanaan lomba.
4. Biaya pendaftaran dengan ketentuan :
a. 50 pendaftar pertama membayar Rp 70.000,00 / tim
b. Pendaftar berikutnya membayar Rp 80.000,00 / tim
5. Pendaftaran dibuka :
a. Secara online : dari tanggal 4 Juli 2011 sampai 25 September 2011
b. Secara offline : akan diberitahukan lebih lanjut
6. Seluruh anggota tim harus mendaftarkan diri di http://schematics-its.com/news/view/6-Syarat-dan-Ketentuan-Calon-Peserta-NPC atau Sekretariat HMTC dan transfer biaya pendaftaran ke rekening Bank BCA
a.n
.SatrioGitaNugraha
No Rekening: 0200664027
7. Segala keputusan panitia tidak dapat diganggu gugat.
MEKANISME LOMBA
1. Babak Warming Up
  • Deskripsi : Peserta diminta untuk melihat soal di web, mengerjakan soal dan mengupload solusi dari soal pemrograman tersebut namun hanya sebagai simulasi dan pengenalan lomba.
  • Babak warming up diselenggarakan pada Kamis, 29 September 2011 pukul 10.00 – 15.00 WIB dan diselenggarakan secara online.
  • Materi : problem solving dengan C/ C++ (compiler 16 bit)/ Pasca/Java
  • Jumlah : 5 (lima) soal
  • Jumlah test case untuk tiap soal berbeda-beda
  • Setiap soal memiliki bobot yang berbeda, dan urutan pengerjaan soal bebas
  • Input dibaca dari standard input (keyboard), sedangkan output dikeluarkan ke standard output (layar monitor) Bahasa yang diperbolehkan : C, C++, Pascal, Java. Bahasa yang digunakan untuk tiap soal boleh berbeda-beda.
  • Prosedur Pengumpulan Jawaban:
    • Source program (C, C++,Pascal, java) dikirim melalui sistem yang ada. Jawaban yang dikirimkan adalah coding program (bukan exe hasil compile)
    • Program akan langsung diujicoba terhadap test case dan hasil koreksi akan langsung diberikan.
    • Program akan langsung digrade saat itu juga dan akan keluar hasil koreksi ke tim yang bersangkutan.
    • Peserta diijinkan untuk mengirimkan ulang perbaikan untuk jawaban yang salah.
  • Hasil koreksi atas test case dapat berupa: Accepted, Wrong Answer, Error, Memory Limit Exceeded, atau Time Limit Exceeded.
    • Accepted : Semua jawaban / output untuk semua test case sesuai dengan jawaban yang benar.
    • Wrong Answer : Tidak semua jawaban / output sesuai dengan jawaban yang benar
    • Error : Terjadi error, compile error maupun run-time error
    • Time Limit Exceeded : Program berjalan melebihi Running Time yang diijinkan (sesuai dengan deskripsi soal)
    • Memory Limit Exceeded : Program menggunakan memory yang melebihi batas yang diijinkan (sesuai dengan deskripsi soal).
  • Selama babak ini, tim boleh mengajukan pertanyaan melalui sistem yang ada
  • Terdapat penjelasan mengenai hasil warming up pada akhir babak ini
  • Tingkat kesulitan soal : rendah – menengah
2. Babak penyisihan
  • Deskripsi : Peserta diminta untuk melihat soal di web, mengerjakan soal dan mengupload solusi dr soal pemrograman tersebut.
  • Babak penyisihan diselenggarakan pada Minggu, 2 Oktober 2011 pukul 10.00 – 15.00 WIB dan diselenggarakan secara online. Tidak ada penambahan waktu untuk yang terlambat melakukan login ke server.
  • Materi : problem solving dengan C/ C++ (compiler 16 bit)/ Pascal/ Java
  • Jumlah : 7 (tujuh) soal
  • Jumlah test case untuk tiap soal berbeda-beda
  • Setiap soal memiliki bobot yang sama, dan urutan pengerjaan soal bebas
  • Peserta wajib menjawab minimal 1 (satu) soal dengan benar
  • Penilaian dilakukan berdasarkan jumlah solved kemudian total waktu pengerjaan dan pengurangan nilai akibat adanya penalti. Penalti terjadi jika source code yang di-submit tidak accepted.
  • Jika ada 2 tim yang memiliki nilai yang sama, maka akan diurutkan berdasar waktu submit terkecil, bila masih sama juga, maka diurutkan berdasarkan waktu submit terakhir.
  • Input dibaca dari standard input (keyboard), sedangkan output dikeluarkan ke bahasa yang digunakan untuk tiap soal boleh berbeda-beda.
  • Prosedur Pengumpulan Jawaban:
    • Source program (C, C++, java atau Pascal) dikirim melalui sistem yang ada. Jawaban yang dikirimkan adalah coding program (bukan exe hasil compile)
    • Program akan langsung diujicoba terhadap test case dan hasil koreksi akan langsung diberikan.
    • Program akan langsung digrade saat itu juga dan akan keluar hasil koreksi ke tim yang bersangkutan.
    • Scoreboard dan nama-nama para finalis akan ditampilkan di web schematics pada tanggal xxx 2011.
    • Peserta diijinkan untuk mengirimkan ulang perbaikan untuk jawaban yang salah.
  • Hasil koreksi atas test case dapat berupa: Accepted, Wrong Answer, Error, Memory Limit Exceeded, atau Time Limit Exceeded.
    • Accepted : Semua jawaban / output untuk semua test case sesuai dengan jawaban yang benar.
    • Wrong Answer : Tidak semua jawaban / output sesuai dengan jawaban yang benar
    • Error : Terjadi error, compile error maupun run-time error
    • Time Limit Exceeded : Program berjalan melebihi Running Time yang diijinkan (sesuai dengan deskripsi soal)
    • Memory Limit Exceeded : Program menggunakan memory yang melebihi batas yang diijinkan (sesuai dengan deskripsi soal).
  • Pengupdatean scoreboard akan akan dihentikan / di-freeze pada 30 menit terakhir.
  • Selama perlombaan, tim boleh mengajukan pertanyaan melalui sistem yang ada.
  • Dari babak ini akan diambil 20 tim yang akan lolos ke babak final
  • Panitia tidak bertanggung jawab atas segala kendala teknis yang terjadi pada sisi peserta, contoh: mati lampu, gangguan koneksi internet.
  • Pembahasan akan ditampilkan di web resmi schematics.
  • Tingkat kesulitan soal : mudah, menengah, sulit
3. Babak final
Uji Kemampuan Pemrograman diselenggarakan secara onsite :
· Tanggal : Sabtu, 22 September 2011
· Tempat : Gedung Teknik Informatika Institut Teknologi Sepuluh Nopember
· Waktu : pukul 07.00 WIB – selesai.
· Materi : problem solving dengan C/ C++ (compiler 16 bit)/ Pascal/Java
· Jumlah : 7 (tujuh) soal
· Jumlah test case untuk tiap soal bisa berbeda-beda.
· Setiap soal memiliki bobot yang berbeda, dan urutan pengerjaan soal bebas.
· Penilaian dilakukan berdasarkan jumlah solved kemudian total waktu pengerjaan.
· Bahasa yang diperbolehkan : C, C++, Pascal, java, bahasa yang digunakan untuk tiap soal boleh berbeda-beda.
· Pada babak final telah disiapkan software untuk lomba, antara lain: Free Pascal 2.2.0, DevC++ 4.9.9.2, Dev-Pascal 1.9.2, NetBeans 6.8
· Masing-masing tim diperkenankan membawa catatan berupa 10 halaman A4.
· Penilaian dilakukan berdasarkan jumlah solved kemudian total waktu pengerjaan dan pengurangan nilai akibat adanya penalti. Penalti terjadi jika source code yang di-submit tidak accepted.
  • Prosedur pengumpulan jawaban:
· Source program (C, C++, java atau Pascal) dikirim melalui sistem yang ada. Jawaban yang dikirimkan adalah coding program (bukan exe hasil compile).
· Program akan langsung diujicoba terhadap test case dan hasil koreksi akan langsung diberikan.
· Program akan langsung digrade saat itu juga dan akan keluar hasil koreksi ke tim yang bersangkutan.
· Peserta diijinkan untuk mengirimkan ulang perbaikan untuk jawaban yang salah.
  • Hasil koreksi atas test case dapat berupa: Accepted, Wrong Answer, Error, Memory Limit Exceeded, atau Time Limit Exceeded.
    • Accepted : Semua jawaban / output untuk semua test case sesuai dengan jawaban yang benar.
    • Wrong Answer : Tidak semua jawaban / output sesuai dengan jawaban yang benar
    • Error : Terjadi error, compile error maupun run-time error
    • Time Limit Exceeded : Program berjalan melebihi Running Time yang diijinkan (sesuai dengan deskripsi soal)
    • Memory Limit Exceeded : Program menggunakan memory yang melebihi batas yang diijinkan (sesuai dengan deskripsi soal).
  • Pengupdatean score board akan akan dihentikan / di-freeze pada 30 menit terakhir.
  • Tim tidak diijinkan untuk:
    • Menggangu tim lain dalam perlombaan.
    • Berkomunikasi selain dengan teman setim
    • Menggunakan data apapun dalam bentuk soft copy maupun hard copy
    • Membawa flash disk, harddisk atau media penyimpan sejenisnya yang dapat dipergunakan untuk menyimpan data soft copy.
    • Membawa atau menggunakan alat elektronik bawaaan sendiri selain yang disiapkan panitia, seperti laptop, palmtop, PDA, handphone, kalkulator, dll. (untuk kalkulator dapat menggunakan yang terdapat pada komputer lomba)
    • Menggangu jaringan dan sistem yang ada dengan sengaja.
  • Tim yang melanggar ketentuan akan langsung didiskualifikasi.
  • Selama perlombaan, tim boleh mengajukan pertanyaan melalui sistem yang ada.
  • Pembahasan akan dibahas pada setelah Final atau dibagikan dalam bentuk CD.
  • Tingkat kesulitan soal : menengah – tinggi
Bentuk Kompetisi dan Tanggal-tanggal Penting
Beberapa tahapan yang akan dilalui pada kontes ini adalah:
Kegiatan
Tanggal
- Pendaftaran
: 4 Juli – 25 September 2011 (offline: diberitahukan lebih lanjut)


- Babak Warming Up
: 29 September 2011
- Babak Penyisihan
: 2 Oktober 20011
- Pengumuman Finalis
: 9 Oktober 2011 melalui web resmi schematics
- Babak Final
: 22 Oktober 2011


Hadiah dan Fasilitas
Bagi peserta akan mendapatkan:
1. Sertifikat peserta**
2. Konsumsi*
3. Total hadiah sebesar Rp. 6.000.000
Juara 1: 3.000.000 + trophi + piala bergilir
Juara 2 : 2.000.000 + trophi
Juara 3 : 1.000.000 + trophi
4. Kaos peserta + note*
5. Modul**
6. Modul ++**
*bagi finalis dan pemenang
**bagi peserta yang tidak lolos ke final sertifikat
Contact Person :
Fradila Octa (085735085002) ym: fradila_okw; email : fradilawardhani@gmail.com
Agus Nugroho (08563725141) ym dan email : an_alfath@yahoo.com
(YM/email: schematics_npc1, schematics_npc2, schematics_npc3)
Facebook : schematics.its atau di Fans Page NPC
Ketentuan YM (saat berlangsungnya warming up dan penyisihan):
30 tim pendaftar pertama berkomunikasi dengan schematics_npc1
30 tim pendaftar kedua berkomunikasi dengan schematics_npc2
sisanya berkomunikasi dengan schematics_npc3

Komentar

Postingan populer dari blog ini

[ Kenapa? Series 01] Kenapa rambut ahjumma di korea mayoritas keriting?

Ahjumma (hangeul: 아줌마) adalah panggilan tante atau bibi dalam bahasa korea. Arti sebenarnya adalah wanita yang menikah. Jadi walaupun masih umur 20, kalau udah nikah, bisa dipanggil ahjumma. Kalau sudah dipanggil ahjumma tuh rasanya sudah berasa tua. Kalian-kalian yang sering nonton drama korea mungkin tahu panggilan ini. Sejak saya datang di Korea dan melihat sekeliling, banyak sekali orang tua di sini. Apalagi kata temen korea saya, Busan sudah disebut kota tua. Gara-gara anak mudanya pada ke Seoul semua. Bagaimana penampakan orang tua, khusunya ahjumma di sini? penampakannya kayak gambar di bawah. Gambar ini merupakan gambaran ahjumma pada tahun 1988. Tahun 2016 pun style rambutnya ternyata tidak berubah, yaitu pendek dan dikeriting. Kenapa? *Gambaran Ahjumma di Korea* source: google  Setelah saya bertanya kepada beberapa narasumber, ada beberapa jawaban yang didapat. Yang pertama menunjukkan kalau dia itu sudah tua dan patut dihormati. Dan seperti emak-emak di Indonesia,

Situs-situs Streaming dan Download Drama Korea

*Update 24 September 2016 Sebenarnya ini postingan gak penting. Pengen aja nulis sekalian refreshing di antara deadline-deadline FP memasuki akhir semester 4 ini. Doakan bisa diberikan yang terbaik untuk hasilnya. Seperti yang sudah saya ceritakan di sini . Saya termasuk penggemar drama korea. Bahkan saya sekarang sangat update drama korea terbaru, yang bahkan masih tayang di negara asalnya sana. Niatnya kalo satu judul di sana kan ditayanginnya dua kali seminggu. Jadi saya bisa menahan hasrat menonton saya yang biasanya langsung habis satu serial gara-gara tiap ending episodenya bikin penasaran. =.= Dimanakah saya dapat drama-drama tersebut. Ini beberapa yang saya ketahui 1. Dramacrazy ( link ) Situs ini merupakan situs streaming. Yang saya sekarang menurut saya situs terupdate drama korea dan jepang. Untuk subtitlenya juga cepat. Subtitlenya menggunakan harsub (ya iya lah). Kalau yang mau streaming, saya sarankan memakai situs ini. dalam 1 episode, sumbernya biasanya lebih

Mengapa Baidu dan Naver Lebih Populer Dibanding Google di Negara Mereka?

Semua orang tahu, mesin pencari nomer 1 di dunia adalah Google. Pertama kali didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin. Mereka memiliki proyek riset untuk program Ph.D mereka di Universitas Stanford. Ide pertama dua founders ini adalah bagaimana menentukan peringkat suatu situs di antara berjuta-juta halaman web yang ada di dunia maya. Teknologi tesebut sekarang terkenal dengan nama PageRank. Berawal dari satu ide tersebut, Google berkembang, berkembang, dan berkembang terus hingga mencapai ranah otomotif dengan Google Self Driving Car . Namun, sayap mereka ternyata tidak berkembang lebar di China dan Korea Selatan. Apa yang menyebabkan Google gagal menguasai China dan Korea Selatan? Alasannya karena dua negara tersebut memiliki mesin pencari yang lebih mereka andalkan daripada Google, yaitu Baidu di China dan Naver di Korea Selatan. Saya tidak akan membahas perbedaannya secara teknis, tetapi lebih ke pendapat dan pengalaman pribadi setelah saya menggunakan kedua mesin pencari terseb