Langsung ke konten utama

Resep Gampang Tuna Kimchi Jjigae

Tuna Kimchi Jjigae adalah salah satu dari sedikit makanan yang bisa saya masak. Waktu di Busan dulu, ini adalah makanan favorit saya di gosiwon. Kenapa? Karena di gosiwon, udah disediakan kimchi, nasi, dan bumbu dasar gratis. Otomatis saya cukup beli beberapa bahan aja di mart untuk melengkapi bahan-bahan yang diperlukan. Masaknya juga guampang bagi yang amatiran seperti saya. Dan rasanya udah dijamin ahjumma asli korea. Udah murah, gampang, enak lagi. Hahaha

Penampakan Tuna Kimchi Jjigae

Jadi ini bahan dan stepnya
Bahan:

  • 215 Gram Kimchi (Biasanya pake ommasson mat kimchi yang kecil, satu bungkus saya pake semua). Potong sekitar 2 cm
  • 1 kaleng Tuna
  • 1 tahu sutra. Potong kotak
  • 600 ml air
  • gochugaru atau korean hot pepper flakes secukupnya (Kalau gak punya bisa ganti bubuk cabe biasa atau boncabe)
  • butter/mentega secukupnya
  • garam secukupnya
  • daun bawang secukupnya (untuk garnish)
Langkah-langkah memasak
  1. Lelehkan butter di panci sampai meleleh
  2. Tumis tuna ke dalam panci selama dua menit dengan api tinggi
  3. Tambahkan kimchi ke dalam panci dan tumis selama 7 menit. kalau lengket, tambahkan air kimchi yang masih tertinggal
  4. Setelah tuna dan kimchi tertumis dengan baik dan harumnya udah kemana-mana, tambahkan air 600 ml.
  5. Tambahkan gochugaru sesuai selera atau level kepedesan yang diinginkan. Tambahkan juga garam secara bertahap, karena kimchi sendiri juga akan memberikan rasa asin dalam masakan.
  6. Aduk pelan-pelan selama 10-15 menit dengan api sedang
  7. Tambahkan tofu dan tunggu selama dua menit.
  8. Tuna Kimchi Jjigae siap dihidangkan. Tambahkan garnish daun bawang jika mau.
Gampang banget kan? tidak butuh skill potong-potong, tinggal cemplang-cemplung. Satu porsi ini bisa untuk 2-3 orang. Untuk makanan pendampingnya, telor ceplok plus nasi udah cukup untuk mengenyangkan perut

Semoga resep ini bisa membantu teman-teman yang pengen makan ala-ala korea dengan gampang. Terima kasih.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

[ Kenapa? Series 01] Kenapa rambut ahjumma di korea mayoritas keriting?

Ahjumma (hangeul: 아줌마) adalah panggilan tante atau bibi dalam bahasa korea. Arti sebenarnya adalah wanita yang menikah. Jadi walaupun masih umur 20, kalau udah nikah, bisa dipanggil ahjumma. Kalau sudah dipanggil ahjumma tuh rasanya sudah berasa tua. Kalian-kalian yang sering nonton drama korea mungkin tahu panggilan ini. Sejak saya datang di Korea dan melihat sekeliling, banyak sekali orang tua di sini. Apalagi kata temen korea saya, Busan sudah disebut kota tua. Gara-gara anak mudanya pada ke Seoul semua. Bagaimana penampakan orang tua, khusunya ahjumma di sini? penampakannya kayak gambar di bawah. Gambar ini merupakan gambaran ahjumma pada tahun 1988. Tahun 2016 pun style rambutnya ternyata tidak berubah, yaitu pendek dan dikeriting. Kenapa? *Gambaran Ahjumma di Korea* source: google  Setelah saya bertanya kepada beberapa narasumber, ada beberapa jawaban yang didapat. Yang pertama menunjukkan kalau dia itu sudah tua dan patut dihormati. Dan seperti emak-emak di Indonesia,

Situs-situs Streaming dan Download Drama Korea

*Update 24 September 2016 Sebenarnya ini postingan gak penting. Pengen aja nulis sekalian refreshing di antara deadline-deadline FP memasuki akhir semester 4 ini. Doakan bisa diberikan yang terbaik untuk hasilnya. Seperti yang sudah saya ceritakan di sini . Saya termasuk penggemar drama korea. Bahkan saya sekarang sangat update drama korea terbaru, yang bahkan masih tayang di negara asalnya sana. Niatnya kalo satu judul di sana kan ditayanginnya dua kali seminggu. Jadi saya bisa menahan hasrat menonton saya yang biasanya langsung habis satu serial gara-gara tiap ending episodenya bikin penasaran. =.= Dimanakah saya dapat drama-drama tersebut. Ini beberapa yang saya ketahui 1. Dramacrazy ( link ) Situs ini merupakan situs streaming. Yang saya sekarang menurut saya situs terupdate drama korea dan jepang. Untuk subtitlenya juga cepat. Subtitlenya menggunakan harsub (ya iya lah). Kalau yang mau streaming, saya sarankan memakai situs ini. dalam 1 episode, sumbernya biasanya lebih

Mengapa Baidu dan Naver Lebih Populer Dibanding Google di Negara Mereka?

Semua orang tahu, mesin pencari nomer 1 di dunia adalah Google. Pertama kali didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin. Mereka memiliki proyek riset untuk program Ph.D mereka di Universitas Stanford. Ide pertama dua founders ini adalah bagaimana menentukan peringkat suatu situs di antara berjuta-juta halaman web yang ada di dunia maya. Teknologi tesebut sekarang terkenal dengan nama PageRank. Berawal dari satu ide tersebut, Google berkembang, berkembang, dan berkembang terus hingga mencapai ranah otomotif dengan Google Self Driving Car . Namun, sayap mereka ternyata tidak berkembang lebar di China dan Korea Selatan. Apa yang menyebabkan Google gagal menguasai China dan Korea Selatan? Alasannya karena dua negara tersebut memiliki mesin pencari yang lebih mereka andalkan daripada Google, yaitu Baidu di China dan Naver di Korea Selatan. Saya tidak akan membahas perbedaannya secara teknis, tetapi lebih ke pendapat dan pengalaman pribadi setelah saya menggunakan kedua mesin pencari terseb