Langsung ke konten utama

Penghubung Malang-Surabaya

eSecara kebetulan, atas ijin Allah swt. saya sekarang merantau menuntut ilmu di ITS (Institut Teknologi Sepuluh Nopember BUKAN Institut Teknologi Surabaya). Walau tidak jauh-jauh seperti teman-teman saya, bahkan yang dari Sabang pun ada, tapi tetep aja namanya merantau. Walau pulang dua minggu sekali, bahkan seminggu sekali.

Jarak yang tidak begitu jauh antara Malang Surabaya, bikin saya jadi sering pulang. Sudah berbagai macam kendaraan saya naiki untuk perjalanan yang membutuhkan waktu kira-kira 3 jam tersebut. Disini saya akan menjabarkan analisis saya tentang kendaraan-kendaraan tersebut :syakwasangka:(.

1. Travel
Tidak perlu ke stasiun atau terminal, kita hanya butuh jalan ke depan gerbang saja dan travel sudah muncul. Begitu masuk ke travel, tempat duduk empuk dan nyaman. Kadang-kadang pak supir menyetel radio untuk peramai suara. Udara dinginpun mengalir dari AC, membuat kita tidak kegerahan dan merupakan panasnya udara di luar. Kita dapat tidur dengan tenang dan begitu mata terbuka kita sudah sampai di depan rumah. Bagusnya pelayanan yang diberikan juga berefek pada biaya. Sekali perjalanan menghabiskan kira-kira 50 ribu sampi 60 ribu rupiah.

Beberapa Nomor Travel untuk Malang-Surabaya
1. Benani Travel (0341-463154)
2. Liza Tour and Travel (0341-333037/0341-333038)

Surabaya-Malang
Liza Tour and Travel (081555689799)

Pelayanan: Photobucket
Harga: Photobucket

2. Bus
Untuk memakai kendaraan ini, pertama kita harus ke terminal terlebih dahulu. Kalau dari Malang, kita ke terminal Arjosari. Jika tidak ada yang mengantar bisa naik taksi atau angkot yang ada unsur "A" di jalurnya, misal AL atau ADL. Jika kita berangkat dari Surabaya, maka terlebih dahulu ke Terminal Bungurasih yang berada di perbatasan Surabaya dan Sidoarjo.
Bener-bener dari pojok ke pojok kalau dari ITS.

Untuk bus Patas, kenyamanan hampir sebanding dengan travel, minus musik dan sampe di depan pintu. Harga 15 ribu, belum termasuk biaya-biaya ke terminal dan menuju kos. Untuk jadwal keberangkatan, selalu ada setiap saat, hanya saja kalo kita dapat bus kosong, harus bersabar menunggu sampai penuh.

Pelayanan: Photobucket
Harga: Photobucket

3. Kereta
Ini adalah kendaraan paling merakyat. Dari malang, kita perlu ke stasiun Kota Baru atau Belimbing, sedangkan dari Surabaya kita bisa naik dari Stasiun Semut, Stasiun Gubeng, dan Stasiun Wonokromo.

Kereta yang tersedia hanya dari kelas ekonomi, yaitu kereta api Penataran. Namanya juga kelas ekonomi, tentu fasilitas ekonomi pula. Kalau dapet tempat duduk, syukur alhamdulillah, kalo gak dapet ya ikhlaskan untuk berdiri sampai ada kursi kosong atau sudah sampai tujuan. Pendingin gerbong dari AC alami (red. Angin Cendela). Pedagang asongan juga banyak yang mondar-mandir. Sampai-sampai aku hapal bapak yang jualan sate kerang. Nada promosi selalu sama "sate kerang..sate kerang, sate kerang, asal kauman":Sukoselok:(. Harga yang diberikan yang bikin saya sering naik kendaraan ini. Cuma 4 ribu rupiah dari Surabaya-Malang atau sebaliknya. Bahkan lebih banyak pengeluaran dari Terminal Bungurasih sampe kosan. Ini adalah kendaraan favorit saya kalo pulang:Smile:(.

*tiket kereta*
Sebagai tambahan Informasi
Jadwal Kereta Api Penataran dari Stasiun Gubeng Surabaya
  1. 4.45
  2. 7.40
  3. 10.55
  4. 12.20
  5. 15.20
  6. 18.45
Jadwal Kereta Api Penataran dari Stasiun Kota Baru Malang
  1. 04:20
  2. 06:35
  3. 09:33
  4. 12:31
  5. 15:37
  6. 18:33
Pelayanan: Photobucket
Harga: Photobucket

4. Motor
Karena saya belum pernah mencobanya, maka saya tidak tau rasanya perjalanan Malang-Surabaya. Kalo diliat-liat sepertinya harus tahan panas, angin, ujan, asap kendaraan. Tapi keuntungannya bisa sampe tujuan lebih cepat.
Pelayanan: ????
Harga: ???

5. Mobil Pribadi
Senyaman-nyamannya dan semurah-murahnya kendaraan (dari sudut pandang kita sebagai yang diantar). Malah bisa saja mampir di warung tengah jalan dan gratis pula
Pelayanan: Photobucket
Harga: Photobucket


Parameter:

Photobucketburuk
Photobucketlumayan
Photobucketcukup
Photobucketmemuaskan
Photobucketsangat memuaskan

Komentar

  1. klo judulnya: jadwal kereta malang surabaya, pasti banyak yg nyampe ke sini pas googling ^^

    bagus sistaaa

    BalasHapus
  2. pasti..soalnya saya sendiri juga sering nyari mbak..heh

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

[ Kenapa? Series 01] Kenapa rambut ahjumma di korea mayoritas keriting?

Ahjumma (hangeul: 아줌마) adalah panggilan tante atau bibi dalam bahasa korea. Arti sebenarnya adalah wanita yang menikah. Jadi walaupun masih umur 20, kalau udah nikah, bisa dipanggil ahjumma. Kalau sudah dipanggil ahjumma tuh rasanya sudah berasa tua. Kalian-kalian yang sering nonton drama korea mungkin tahu panggilan ini. Sejak saya datang di Korea dan melihat sekeliling, banyak sekali orang tua di sini. Apalagi kata temen korea saya, Busan sudah disebut kota tua. Gara-gara anak mudanya pada ke Seoul semua. Bagaimana penampakan orang tua, khusunya ahjumma di sini? penampakannya kayak gambar di bawah. Gambar ini merupakan gambaran ahjumma pada tahun 1988. Tahun 2016 pun style rambutnya ternyata tidak berubah, yaitu pendek dan dikeriting. Kenapa? *Gambaran Ahjumma di Korea* source: google  Setelah saya bertanya kepada beberapa narasumber, ada beberapa jawaban yang didapat. Yang pertama menunjukkan kalau dia itu sudah tua dan patut dihormati. Dan seperti emak-emak di Indonesia,

Situs-situs Streaming dan Download Drama Korea

*Update 24 September 2016 Sebenarnya ini postingan gak penting. Pengen aja nulis sekalian refreshing di antara deadline-deadline FP memasuki akhir semester 4 ini. Doakan bisa diberikan yang terbaik untuk hasilnya. Seperti yang sudah saya ceritakan di sini . Saya termasuk penggemar drama korea. Bahkan saya sekarang sangat update drama korea terbaru, yang bahkan masih tayang di negara asalnya sana. Niatnya kalo satu judul di sana kan ditayanginnya dua kali seminggu. Jadi saya bisa menahan hasrat menonton saya yang biasanya langsung habis satu serial gara-gara tiap ending episodenya bikin penasaran. =.= Dimanakah saya dapat drama-drama tersebut. Ini beberapa yang saya ketahui 1. Dramacrazy ( link ) Situs ini merupakan situs streaming. Yang saya sekarang menurut saya situs terupdate drama korea dan jepang. Untuk subtitlenya juga cepat. Subtitlenya menggunakan harsub (ya iya lah). Kalau yang mau streaming, saya sarankan memakai situs ini. dalam 1 episode, sumbernya biasanya lebih

Mengapa Baidu dan Naver Lebih Populer Dibanding Google di Negara Mereka?

Semua orang tahu, mesin pencari nomer 1 di dunia adalah Google. Pertama kali didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin. Mereka memiliki proyek riset untuk program Ph.D mereka di Universitas Stanford. Ide pertama dua founders ini adalah bagaimana menentukan peringkat suatu situs di antara berjuta-juta halaman web yang ada di dunia maya. Teknologi tesebut sekarang terkenal dengan nama PageRank. Berawal dari satu ide tersebut, Google berkembang, berkembang, dan berkembang terus hingga mencapai ranah otomotif dengan Google Self Driving Car . Namun, sayap mereka ternyata tidak berkembang lebar di China dan Korea Selatan. Apa yang menyebabkan Google gagal menguasai China dan Korea Selatan? Alasannya karena dua negara tersebut memiliki mesin pencari yang lebih mereka andalkan daripada Google, yaitu Baidu di China dan Naver di Korea Selatan. Saya tidak akan membahas perbedaannya secara teknis, tetapi lebih ke pendapat dan pengalaman pribadi setelah saya menggunakan kedua mesin pencari terseb