Langsung ke konten utama

Gelombang Korea yang Membuat Kita Basah Kuyub, Bukan Basah Keceh-keceh

Bagaikan gelombang laut ketika kita surfing di pantai yang membuat badan jadi basah kuyub seluruh tubuh, budaya pop Korea Selatan semakin gencar masuk ke dalam tatanan hidup rakyat Indonesia saat ini. Bukan basah keceh-keceh seperti kita main air di pantai. Ditandai dengan trending twitter indonesia yang tidak pernah luput dari hashtag-hashtag berbau K-pop ataupun K-drama, ditayangkannya drama-drama hits di televisi lokal, dan lapak resmi produk kecantikan korea di mal-mal ataupun e-commerce Indonesia.

Elemen-elemen yang saya sebutkan itu dikenal dengan nama Hallyu atau gelombang korea, yaitu ekspansi global untuk kebudayaan populer korea. Penyebutannya terkenal diawali dengan huruf K, misalnya K-drama,K-pop,K-food, K-beauty. Apa yang membuat Hallyu bisa semeledak sekarang? Mungkin malah bisa saya katakan, menggeser popularitas budaya populer barat menuju ke budaya populer timur.

Studi Kasus

Bagaimana Hallyu bisa masuk ke diri seseorang bisa dilihat dari kisah berikut.

Ijah adalah seorang mahasiswi biasa yang menyukai series drama dan berlangganan Netflix merupakan investasi yang berharga baginya. Di Netflix, dia menemukan drama Crash Landing On You(CLOY) dan Hospital Playlist. Saat menonton CLOY, adegan mengobrol di salah satu gerai makanan sering muncul. Di situ, mereka selalu memesan ayam goreng yang terlihat nikmat sekali saat mereka memakannya. Sampai-sampai Ijah mencari resepnya di Youtube karena penasaran bagaimana rasa ayam goreng tersebut. Tidak lama setelah drama CLOY tamat, muncul parodinya yang viral di twitter.

Setelah CLOY tamat,  Ijah lanjut menonton Hospital Playlist. Bercerita tentang kehidupan sehari-hari para dokter bertugas di rumah dan diiringi dengan soundtrack-soundtrak bagus yang merupakan remake lagu-lagu lama korea. Beberapa penyanyi soundtracknya adalah Joy dari Red Velvet dan Kyuhyun dari Super Junior. Dari drama tersebut Ijah sering melihat para 5 sekawan itu makan bersama. Dan sekali lagi, adegan tersebut menunjukkan betapa enaknya makanan tersebut. Hubungan lebih lengkap bisa dilihat dari diagram di bawah.

Rantai Ekosistem Hallyu


Strategi Marketing Hallyu

Apa yang bisa diambil dari cerita di atas?
  • Kolaborasi antar elemen untuk meningkatkan kesadaran publik
Dari cerita di atas, sudah kelihatan jelas bagaimana setiap elemen mendukung elemen yang lain. Setiap drama memiliki beberapa soundtrack yang memperkenalkan penyanyi korea. Di setiap drama juga selalu ada adegan makan yang menarik perhatian. Dari satu penyanyi, mereka sering berkolaborasi dengan penyanyi lain yang memperluas pengetahuan pendengar tentang musik di korea, tidak hanya kpop saja. Yang saya jelaskan hanyalah sebagian kecil kolaborasi budaya populer mereka. Collaboration over competition for the win.
  •  Media Sosial
Adanya youtube dan twitter berperan penting dalam penyebaran budaya populer korea di Indonesia. Saat ini video musik dan variety show korea semakin mudah ditemukan di Youtube, ditambah dengan subtitle bahasa Inggris. Malah akhir-akhir ini, bahasa Indonesia termasuk subtitle default, selain bahasa inggris, bahasa jepang, dan bahasa china. Bila dibandingkan dengan konten berbahasa Jepang, konten bahasa korea lebih menyentuh masyarakat global.

Sosial media lain yang berperan besar adalah twitter. Ciri khas twitter adalah berbasis teks, kecepatan persebaran dan tinggi dan memiliki trending topic. Ciri khas ini dimanfaatkan para fans untuk update berita dan menaikkan eksposur.  Setiap hari, pasti kata kunci berbau korea selalu muncul di trending topic Indonesia. Misalnya, ketika Siwon dari Super Junior mengirim tweet dengan bahasa Indonesia, seketika nama Siwon menjadi trending topic Indonesia seharian. Contoh lain adalah proyek fans ketika idola kpop mereka berulang tahun dan merilis lagu baru. Mereka akan membuat kesepakatan mengirim hashtag yang sama di jam tertentu. Kemampuan para fans kpop dalam menaikkan suatu tema ini mungkin menjadi lawan berat hashtag pesanan yang diramaikan para buzzer.

 Bagaimana dengan Indonesia?

Jika dibandingkan dengan Korea Selatan, mungkin Indonesia masih ketinggalan. Namun perkembangan budaya populer indonesia menurut saya menuju arah yang positif. Sudah mulai muncul nama-nama Indonesia di panggung internasional seperti Rich Brian dan Stephanie Poetri yang sekarang  aktif di Amerika Serikat. Untuk askpek film, film Dilan dan Gundala ditayangkan di  bioskop Malaysia beberapa waktu yang lalu. Dari segi makanan, Indonesia sudah perlu ditanyakan lagi keberagaman dan kekayaannya. Kemampuan netizen Indonesia tidak kalah dengan netizen luar negeri yang saya yakin bila dibuat strategi yang tepat, ekposur budaya populer Indonesia akan sampai di dunia internasional.

Gelombang korea memang sudah membuat basah kuyub kita, tetapi sebagai orang Indonesia kita jangan mau kalah, kita buat gelombang Indonesia dan memperkenalkan budaya populer kita dengan kolaborasi dan media sosial.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

[ Kenapa? Series 01] Kenapa rambut ahjumma di korea mayoritas keriting?

Ahjumma (hangeul: 아줌마) adalah panggilan tante atau bibi dalam bahasa korea. Arti sebenarnya adalah wanita yang menikah. Jadi walaupun masih umur 20, kalau udah nikah, bisa dipanggil ahjumma. Kalau sudah dipanggil ahjumma tuh rasanya sudah berasa tua. Kalian-kalian yang sering nonton drama korea mungkin tahu panggilan ini. Sejak saya datang di Korea dan melihat sekeliling, banyak sekali orang tua di sini. Apalagi kata temen korea saya, Busan sudah disebut kota tua. Gara-gara anak mudanya pada ke Seoul semua. Bagaimana penampakan orang tua, khusunya ahjumma di sini? penampakannya kayak gambar di bawah. Gambar ini merupakan gambaran ahjumma pada tahun 1988. Tahun 2016 pun style rambutnya ternyata tidak berubah, yaitu pendek dan dikeriting. Kenapa? *Gambaran Ahjumma di Korea* source: google  Setelah saya bertanya kepada beberapa narasumber, ada beberapa jawaban yang didapat. Yang pertama menunjukkan kalau dia itu sudah tua dan patut dihormati. Dan seperti emak-emak di Indonesia,

Situs-situs Streaming dan Download Drama Korea

*Update 24 September 2016 Sebenarnya ini postingan gak penting. Pengen aja nulis sekalian refreshing di antara deadline-deadline FP memasuki akhir semester 4 ini. Doakan bisa diberikan yang terbaik untuk hasilnya. Seperti yang sudah saya ceritakan di sini . Saya termasuk penggemar drama korea. Bahkan saya sekarang sangat update drama korea terbaru, yang bahkan masih tayang di negara asalnya sana. Niatnya kalo satu judul di sana kan ditayanginnya dua kali seminggu. Jadi saya bisa menahan hasrat menonton saya yang biasanya langsung habis satu serial gara-gara tiap ending episodenya bikin penasaran. =.= Dimanakah saya dapat drama-drama tersebut. Ini beberapa yang saya ketahui 1. Dramacrazy ( link ) Situs ini merupakan situs streaming. Yang saya sekarang menurut saya situs terupdate drama korea dan jepang. Untuk subtitlenya juga cepat. Subtitlenya menggunakan harsub (ya iya lah). Kalau yang mau streaming, saya sarankan memakai situs ini. dalam 1 episode, sumbernya biasanya lebih

Mengapa Baidu dan Naver Lebih Populer Dibanding Google di Negara Mereka?

Semua orang tahu, mesin pencari nomer 1 di dunia adalah Google. Pertama kali didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin. Mereka memiliki proyek riset untuk program Ph.D mereka di Universitas Stanford. Ide pertama dua founders ini adalah bagaimana menentukan peringkat suatu situs di antara berjuta-juta halaman web yang ada di dunia maya. Teknologi tesebut sekarang terkenal dengan nama PageRank. Berawal dari satu ide tersebut, Google berkembang, berkembang, dan berkembang terus hingga mencapai ranah otomotif dengan Google Self Driving Car . Namun, sayap mereka ternyata tidak berkembang lebar di China dan Korea Selatan. Apa yang menyebabkan Google gagal menguasai China dan Korea Selatan? Alasannya karena dua negara tersebut memiliki mesin pencari yang lebih mereka andalkan daripada Google, yaitu Baidu di China dan Naver di Korea Selatan. Saya tidak akan membahas perbedaannya secara teknis, tetapi lebih ke pendapat dan pengalaman pribadi setelah saya menggunakan kedua mesin pencari terseb